Tugas 2
(berkelompok)
(berkelompok)
RIZKI MOBILKU
Anda adalah sorang
konsultan manajemen untuk Rizki Hidayat, pemegang saham mayoritas dari kelompok
5 dealer mobil merangkap bengkel
servis. Ia telah meminta Anda untuk menghabiskan beberapa hari di Rizki
Mobilku, sebuah dealer yang tidak
memberikan kinerja sesuai dengan potensinya. Anda tidak diperkenankan “mencari
masalah”, sebagai gantinya, tugas Anda adalah menemukan cara-cara untuk
membantu manajemen di dealer tersebut
mengambil keuntungan dari setiap peluang.
Satu hari ketika Anda
sedang berbicara dengan Pramono, manajer penjualan untuk Rizki Mobilku, Anda
menyadari bahwa dealer hanya
mempergunakan sistem pemrosesan transaksi ia tidak menyadari potensi dari
informasi yang telah dikumpulkannya untuk pengambilan keputusan manajerial.
Sebagai contoh, Rizki Mobilku mengetahui tanggal pembelian dan pemilik dari
setiap mobil yang dijualnya, tetapi ia tidak pernah menghubungi pemilik mobil
tersebut sehubungan dengan pemeliharaan rutin. Rizki Mobilku tahu bahwa orang
yang membeli sebuah mobil baru biasanya akan menukar mobil tersebut dengan
mobil baru lain 10 tahun kemudian, tetapi dealer
tidak menghubungi pelanggan-pelanggan sebelumnya ini.
Soal
1.
Berdasarkan
kasus Rizki Mobilku, jelaskan perbedaan antara data dan informasi. Data apa
yang sebaiknya diproses menjadi informasi di Rizki Mobilku ?
2.
Apakah saran
anda terhadap kasus Rizki Mobilku untuk mencapai keunggulan kompetitif ?
Jawab
1.
Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih
memerlukan adanya suatu pengolahan.
Informasi
adalah hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi ataupun suatu
perusahaan bentuk dari data yang
memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi
yang menerimanya.
Data yang
sebaiknya diproses menjadi informasi adalah diantaranya system pemrosesan
transaksi, tanggal pembelian dan pemilik dari setiap mobil yang dijualnya.
2.
Sebaiknya
dari pihak perusahaan wajib mengetahui setiap pemilik mobil, atau customernya.
Misalnya berupa data dari para customer tersebut, agar lebih mudah untuk
menghubungi jika ada masalah dalam pembelian, keuangan, dan lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar